Membuat Deret Angka Segitiga Pada Shell Linux

Unknown Saturday 22 June 2013
Membuat Deret Angka Segitiga Pada Shell Linux | Hampir 2 dekade vakum di blog (halah lebay..). Alhamdullilah, tergerak hati untuk menambah baris baru pada halaman blog :D. Dari jadul judulnya saja berbau pinguin. Yap, Sistem Operasi yang satu ini merupakn hasil riset Linus Torvalds mahasiswa salah satu universitas di Finlandia. Pinguin sebagai maskotnya karena Linus mengaku pernah dipatok pinguin hingga demam. Oleh sebab itu Linus ingin membuat para pemakainya menjadi demam akan pinguin yang satu ini :D.

Hari ini tepatnya 22 Juni 2013 dikarenakan dorongan dari hati untuk berbagi (sebab ilmu semakin memberi, semakin diberi) merupakan hari terakhir 3 sks di tempatq berkuliah STMIK PPKIA tempatq semangat menimba air ilmu. Linux merupakan matakuliahq disemester 6 (eh 4, nda 6 bah, kmu kan msh smster 4 trus ngambil mtakuliah ini, oh iya2..*toeeng). Maaf pemirsa, postingan ini rada nyeleneh ('-_-)..A: Niat posting ga ni? Tutorialnya mana?, Iya2 nyeruput kopi luwak dulu lah ceritanya (^_^)v..

Tutorial ini merupakan materi quiz dikampus saya sebelum uas.Walau saya masih newbie2 amir masalah programming, tapi setidaknya bisalah membuat fitness otak selama2 jam XD. Kasusnya seperti dibawah ini :
Namun tak semudah itu ceritanya seperti mengetik dalam word :D. Kita akan menggunakan terminal pada linux (mirip command prompt windows/baca:cmd). Langkah2nya sebagai berikut :

Gambar 1
Step1
Buka terminal linux atau dengan Ctrl+Alt+T pada keyboard

Step2
Buat file baru dengan perintah gedit <nama file>, Ex : gedit pir --> dari kata piramid :D

Step3
Kemudian akan tampil Text Editor kemudian ketikkan listing program dibawah ini. Setelah disave nantinya akan berubah warna sesuai perintah masing2. Kita akan menggunakan statement perulangan (loop)  : struktur dasarnya :
  for
  do
  ..<kondisi>..
  done
 Penjelasan :
Untuk mencetak deret angka segitiga adapun urutan algoritmanya sebagai berikut :
1)Algo 1
fungsi loop 1 adalah untuk mencetak jumlah baris bilangan yang akan dicetak. Karena disini kita membuat jumlah baris berdasarkan input dari user (lihat variable ulang). Asumsi jika user menginput 4 maka tampilan yang muncul ada seperti pada gambar1. Terlihat jumlah baris ada 4.

2)Algo 2
fungsi loop 2 adalah untuk mencetak spasi. Sebenarnya konsep awal adalah bentuk persegi kita asumsikan spasi adalah *.
3)Algo 3
fungsi loop 3 adalah mencetak bilangan secara berurut seperti pada gambar diatas namun perhatikan pada kode printf "$x " terdapat spasi setelah huruf x sehingga tampilan yang nanti akan kita lihat seolah2 angka berbentuk segitiga/piramid walawpun nyatanya tidak karena terdapat perbedaan jumlah angka pada perulangan :D. BTW, save listing sobat dengan Ctrl+S. Kembali pada terminal linux tekan Ctrl+C untuk mengeluarkan text editor. Ketikkan bash <nama file>. Berikut hasil akhir program.


Cape juga nyeleneh, mana bau ikan goreng lagi XD. Anyway mau berperang dulu sma sendok dan garpu nda tega juga mendengar cacing dalam perut menggeliat :D.. hehe.. Jangan puas dengan sepotong roti ya sobat :D.. #ngacir..

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

6 comments:

  1. keren ry, manteb ah.. ajarin aku dung :)

    ReplyDelete
  2. klo di c++ ygb ini gmna gan
    ****/0
    ***/00
    **/000
    */0000

    ReplyDelete
  3. kl membuat jajar genjang gimana yaa??
    ex : ketika kita menginput sisi kemiringannya 5 dan panjang jajar genjang 8 sehingga hasilnya :
    *****12345678
    ****12345678
    ***12345678
    **12345678
    *12345678

    ket :
    * = nilai sisi kemiringan

    ReplyDelete
  4. Kalau diganti angkanya jd bintang gmn mas ?

    ReplyDelete
  5. mas kalau di input angka 3
    trus outputx mcam ini
    1 2 3
    2 3
    3

    itu mcam mana ya mas

    ReplyDelete
  6. gan , klo buat segitiganya terbalik ke bawah gmn yaj

    ReplyDelete