Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier (SPL) dengan Excel

Unknown Saturday 27 October 2012
Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier (SPL) dengan Excel | Postingan sebelumnya mengenai Selamat Pagi Mentari Banyak alternatif lain untuk menyelesaikan persamaan linier, dengan metode eliminasi, subtitusi, eliminasi gauss, eliminasi gauss-jordan, crammer dll. Namun kali ini saya akan berbagi sedikit tutorial yang mungkin berguna bagi sobat yang saat ini menyelesaikan tugas yaitu sistem persamaan linier. Dalam hal ini sedikit berbeda karena kita memanfaatkan fungsi formula yang ada pada Excel 2007.

Diatas merupakan contoh kasus sistem persamaan linier yang akan kita selesaikan, namun terlebih dahulu kita ubah SPL diatas kedalam bentuk matriks seperti di bawah ini :
Matriks AB=C
Untuk mencari nilai x,y,z kita dapat mengubah fungsi diatas kedalam bentuk yang tadinya AB=C menjadi B=A^-1*C.
Invers
Sekarang masukkan nilai diatas kedalam excel seperti ilustrasi dibawah ini :


Nilai x,y,z dapat kita tentukan dengan mengalikan invers matrik (kuning) dengan matrik (hijau). Caranya sorot Range (E5:E7) kemudian ketikkan formula seperti dibawah ini (note : cell E5,E6,E7 masih dalam keadaan tersorot).


Kemudian akhiri dengan menekan Ctrl+Shift+Enter. Dan kita pun mendapati hasil akhir seperti dibawah ini 


Selesai! Jangan sungkan untuk mencoba.. ingat sekali lagi gunakan cara manual terlebih dahulu untuk memastikan. Semoga bermanfaat sobat :D

(Source : http://taufiqurrokhman.wordpress.com/2012/01/20/menyelesaikan-sistem-persamaan-linier-dengan-excel/)
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

5 comments:

  1. Terima kasih telah berbagi ilmu dan sangat bermanfaat :)
    Sukses selalu!

    ReplyDelete
  2. selamat siang,mohon bantuannya bagaimana cara mengetahui nilai x,y,z,a,b,c dari persamaan dibawah ini dengan menggunakan excel ax+by+cz=18980000 dan x+y+z=1385
    Terima kasih

    ReplyDelete